JUAL VITERNA PLUS NASA

JUAL VITERNA PLUS NASA

BUDIDAYA DURIAN YANG BENAR

DURIAN BERBUAH BESAR DAN RASANYA MANIS DENGAN PUPUK ORGANIK NASA



PENDAHALUAN
Saat ini permintaan dan harga durian sangat lag tinggi karena memeberikan keuntungan yang sangat tmenggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakan .sehingga menanam durian merupakan sebuah prospek usaha agro bisnis yang menjajinkan.

SYARAT PERTUMBUHAN
Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 50-600 meter dpl.intensitas cahaya 40-50% dengan suhu ideal 1500-2500mm per tahun,tanah yang  cocok ,lempung berpasir subur dan banyk kandungan bahan ORGANIK dan pH 6-7 .

PEMBIBITAN

pilih bibit tanaman yang subur ,segar ,daun banyak ,batang kokoh,bebas hama dan penyakit,percabangan 2-4 arah dan ada tunas baru.
PERSIAPAN LAHAN

pembukaan lahan sebaiknya pada musim kemarau ,bersihkan alang alang dan gulma lain serta tanaman keras yang mengganggu masuknya sinar matahari ,lahan miring  sebaiknya dibuat terasering,buat saluran pembuangan air.

JARAK TANAM
jarak tanam yang umum 8x12m atau 10x10m.



TANAMAN PELINDUNG

skala luas  ditempat terbuka mutlak diperlukan tanaman pelindung ditanam setelah penyiapan lahan
LUBANG TANAM

buat lubang tanam ukuran 50cm2. tanah bagian atas dengan bagian bawah dan biarkan selama kuarang lebih 2 minggu.tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang matang 20 kg + 5gr Natural Glio + 10 kg Dolomit sampai rata sebagai media tanam dan biarkan 1 minggu sebelum bibit ditanam.
PENANAMAN

Penanaman yang ideal pada awal musim hujan .Gali lubang tanam yang berisi campuran media tanam sesuai ukuran bibit.ambil bibit  dan buka plastik pembungkus tanah secara hati hati,tanam bibit sebatas leher akar tanpa mengikutkan batang nya.siram air  secukupnya setelah selesai tanam .akan lebih baik ditambah  pupuk organik SUPERNASA GRANULE /POP SUPER NASA,DOSIS untuk pop super nasa 1 botol 250 gr untuk 100-200 tanaman.1 botol POP SUPERNASA diecerkan  dalam 2 liter air dijadikan sebagai larutan induk lalu ambil setiap 10 ml larutan induk ditsmbash 1 liter air lalu siramkan ke setiap pohon  atau per 1 sendok supernasa campur 10 liter air.

PENGAIRAN

Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berproduksi ,pada waktu berbunga ,penyiraman dikurangi ,penyiraman paling baik di pagi hari.

PEMANGKASAN

Pangkas terhadap  tunas tunas air ,cabang atau ranting yang sudah mati dan terserang hama penyakit ,serta ranting- ranting  yang tidak terkena sinar matahari.ketika tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5 m ,pucuk ditanaman di pangkas.

PEMUPUKAN

DOSIS dan jenis pupuk tergantung jenis dan kesuburan tanah atau sesuai rekomendasi setempat miisal sebagia berikut:
UMUR     PUKAN     NPK         FREKWENSI
(HARI)    (KG/pH)   (Kg/pH)       per - tahun

  1-3           30-50       0,5 - 1,0            3-4
  4-6           75-150     1,5 - 2,5            2-3
15-30        200-300    3,0 - 5,0            1-2

pemupukan sejak awal pertumbuhan tahun ke 3 dengan pupuk NPK  yang kadar  N tinggi.
waktu pemupukan pupuk kandang sekali setahun pada akhir musim hujan atau awal .kemarau.sedangkan  pupuk makro sesuai dengan umur tanaman .caranya dengan menaburkan ,memutar sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman.
siramkan pupuk organik SUPERNASA (0-3 th) dengan cara sesuai diatas.semprotkan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki tiap 1-2 bulan selama masih bisa dijangkau alat semprot.

PEMBUAHAN DI LUAR MUSIM

Caranya mengatur pembuangan disetiap pohon durian per blok yaitu jika menginginkan panen durian bulan agustus - november ,maka sekitar bulan maret tanaman pada blok di beri pupuk 1,5 - 2 kg NPK + 1 sendok makan POWER NUTRITION  per 10 liter air perpohon  dan akan lebih bagus ditambah penyemprotan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki  setiap 7-10 hari  sekali sebanyak 3-4 kali .selain itu kira kira 3 bulan sebelumnya tanah areal penanaman harus dikeringkan ,jika waktu pengeringan turun hujan ,tanah di sekeliling tanaman dalam radius 5-7 meter diberi mulsa dan dibuatkan saluran pembuangan air .setelah bunga mekar dan menjadsi buah atau 2 bulan setelah bunga mekar ,tanaman diberi pupuk NPK dosis 0,5 - 1 kg per tanaman.setelah terbentuk buah usahakan tanaman tidak mengeluarkan tunas daun karena dapat menyebabkan terjadinya perebutasn unsur hara antara buah dan daun ,sehingga perlu disiram POWER NUTRITION lagi (1 botol untuk 30-50 pohon).

PENYERBUKAN

Tidak semua bunga bisa menjadi buah karena bunga durian mekar pada sore sampai malam hari sehingga tidak banyak serangga penyerbuk.selain itu juga tidak semua bunga durian muncul secara bersamaan,padahal penyerbukan berhasil jika serbuk sari dan kepala putik harus matang secara bersamaan ,oleh karena itu perlu dilakukan penyerbukan buatan ,caranya sapukan kuas halus pada bunga mekar pada malam hari.untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas . sebaiknya dalam satu areal penanaman tidak hanya satu jenis varietas tertentu,tetapi dicampur dengan varietas yang lain.

PERAWATAN BUAH

  • penyeleksian buah setelah berdiameter 5 cm .sisakan dua buah terbaik ,jarak ideal buah satu dengan yang lain sekitar 30 cm .tanaman durian yang baru pertama kali berbuah sebaiknya dipelihara satu dan dua butir buah.untuk mencegah kerontokan buah setelah buah berumur 10 hari sejak terbentuk ,lebih bagus jika diberikan pupuk makro NPK (0,5-1 kg perpohon)ditambah POWER NUTRITION (1 botol untuk 30-50 pohon)

PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT
PENGGEREK BATANG

  • menyerang  dengan cara membuat lubang pada batang ,dahan,atau ranting ,gejala serangan tanaman layu,daun kering,dan rontok akhirnya mati.pengendalian sanitas kebun,potong dan musnahkan batang ,dahan,atau ranting yang parah terserang ,tutup bekas lubang gerakan dengan kapas yang sudah diberi PESTONA + POC NASA atau disemprotkan.

PENGGEREK BUAH 

  • gejala buah menjadi busuk berulat dan akhirnya rontok.semprotkan sejak awal dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 sejak buah berumur 1 minggu gunakan perangkap NATURAL METILAT LEM

KUTU PUTIH

  • hama ini menyerang dengan menghisap cairan dan bisa sebagai pembawa penyakit embun jelaga dan penyebaran dibantu semut.gejala serangan daun keriting dan meerana sehingga bunga dan buah bisa rontok.semprotkan PESTONA ATAU PENTANA +AERO 810 secara bergantian.

PENYAKIT KANKER BATANG 

  • Gejala serangan adnya luka yang mengeluarkan lendir warna merah pada kulit batang bagian bawah dekat tanah ,setelah batang busuk ,pucuk pucuk tanaman akan mengering,daun layu,dan rontok,akhirnya mati.pengendalian  dangan sanitasi kebun .memperlebar jarak tanam,menekan gulma,pemangkasa ,sejak awal sebelum tanam sebarkan Natul Glio  atau dioleskan pada batang yang luka kemudian tutup dangan parafin,kerok batang terserang sampai warna coklat tidak kelihatan kemudian semprot PESTONA + POC NASA.

PENYAKIT BUSUK AKAR

  • Jika dibelah pada bagian korteks akan tampak warna coklat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat.tanaman yang terserang dimusnahkan dan dibakar serta bekas lubang  tanaman di  taburi kapur + Natural Glio ,perbaiki sistem drainase serta sejak awal pakai Natural Glio  sebagai pencegahan.

PENYAKIT BERCAK DAUN 

  • gejala adanya bercak bercak besar kering pada daun tanaman yang akhirnya  berlubang ,potong daun terserang ,semprotkan Natural Glio  + POC NASA sebagai pencegahan gunakan fungisida berbahan aktif tembaga

PENYAKIT JAMUR UPAS

  • gejala munculnya cairan kuning pada bagian batang terserang dan terselimuti dengan benang benang jamur berwarna mengkilat berbentuk seperti laba laba  sehingga menyebabkan  kemnatian pada batang.pohon bagian yang terserang ,kurangi kelembaban oleskan Natural Glio + POC NASA  pada bagian yang terserang atau fungisida berbahan aktif tembaga.

PENYAKIT AKAR PUTIH

  • daun kuning kemudian coklat sebelum akhirnya mengerut dan gugur ,buang semua tanaman inang dari areal kebun ,gunakan Natural GLIO sebagai pencegahan.

PENYAKIT BUSUK BUAH 

  • gejala adanya bercak bercak basah berwarna coklat kehitaman  pada kulit buah ,kemudian busuk dan pada bagian terserang terbentuk misellium dan sporangia berwarna putih,gunakan Natural Glio  sebelum tanam sebagai tindakan pencegahan.

CATATAN

  • jika pengendalian hama dan penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi sebagai alternatif terakhir bisa digunakan pestisida kimia yang dianjurkan agar penyemprotan pembasah aero 810 dosis 0,5 tutup botol per tangki semprot.

WAKTU PANEN

  • waktu panen berbeda beda tergantung jenis varietas ,durian montong umur 125 - 135 hari setelah bunga mekar jenis chanee 110 - 116v hari.buah durian mengalami tingkat kematang sempurna sekitar 4 bulan  setelah bunga mekar 

PAKET PUPUK DURIAN NASA

  • SUPERNASA
  • POWER NUTRITION
  • POC NASA
  • HORMONIK
  • PESTONA
  • GLIO
  • AERO 810


BERMINAT ODER PUPUK ORGANIK NASA LANGSUNG HUBUNGI KAMI STOCKIST RESMI NASA AMAN DAN TERPECAYA!!!!!!!!!!!!!!!!!

STOCKIST RESMI NASA
AD.1779
TEGUH NASA - JAYANTI NASA
081334046785  -  081231898048

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUDIDAYA DURIAN YANG BENAR"

Posting Komentar