JUAL VITERNA PLUS NASA

JUAL VITERNA PLUS NASA

PUPUK MELON ORGANIK

CARA MENINGKATKAN HASIL PANEN MELON DENGAN PUPUK ORGANIK








Tanaman Melon merupakan agribisnis yang menjajikan tetapi jika faktor tanah yang semakin keras ,miskin unsur hara mikro dan hormon alami .faktor iklim dan cuaca ,faktor hama dan penyakit tanaman serta faktor pemeliharaan dan tidak diperhatikan maka keuntungan akan menurun.PT NATURAL NUSANTARA  berusaha membantu meningkatkan produktivitas melon secara kualitas ,kuantitas dan kelestarian lingkuangan.
SYARAT PERETUMBUHAN MELON
Perlu penyinaran matahari penuh selama pertumbuhan .pada kelembaban tinggi  tanaman melon mudah terserang  penyakit . suhu optimal diantara 25-30 derajat celcius.angin yang bertiup kencang keras  dapat merusak pertanaman melon,hujan terus menerus  akan merugikan tanaman melon ,tumbuh baik pada ketinggian 300-900m dpl.
tanah yang baik untuk melon adlah tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik  seperti andosol,latosol,regosol,dan grumosol,asalkan kekurangan dari sifat sifat tanah tersebut  dapat dimanipulasi dengan pengapuran ,penambahan bahan organik,maupun,pemupukan,tanaman melon  tidak menyukai tanah yang terlalu basah pH tanah 5,8-7,2.
PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA MELON

PEMBIBITAN
siapkan natural Glio :1-2 kemasan dicampur dengan 50-100 kg pupuk kandang  untuk lahan 1000 m persegi..selanjutnya didiamkan  _+ 1 minggu ditempat yang teduh dengan selalu menjaga  kelembabannya dan sesekali diaduk atau dibalik.
campurkan tanah halus  diayak 2 bagian  atau 2 ember  volume 10 ltr ,pupuk kandang matang  yang telah diayak halus sebanyak 1 bagian atau 1 ember ,TSP (50 gr) yang dilarutkan dalam pupuk kandang 1-2 kg.masukan media semai kedalam polybag ukuran 8 x10 cm sampai terisi sehingga 90%.
TEKNIK PENYEMAIAN DAN PEMELIHARAAN BIBIT
rendam benih dalam 1 liter  air hangat suhu20-25 derajat celcius. + 1 tutup POC NASA selama 8-12 jam lalu diperam  _+ 48 jam .selanjutnya disemai dalam polybag sedalam 1-1,5 cm .benih disemaikan dalam posisis tegak dan ujung calon akarnaya menghadap kebawah benih ditutup  dengan campurkan abu sekam dan tanah dengan perbandingan 2:1 ,kantong persemaian diletakan berderet  agar terkena sinar matahari  sejak terbit hingga tenggelam .diberi perlindungan plastik transparan yang salah satu ujungnya terbuka .semprotkan POC NASA  untuk memacu perkembangan bibit ,pada umur  bibit 7-9 hari dengan dosis 1.0-1,5 cc/liter.penyiraman dilakukan dengan hati hati secara rutin setiap pagi.bibit melon yang sudah berdaun 4-5 helai atau tanaman melon telah berusia 10-12 hari dapat dipindah tanamkan dengan cara kantong plastik  polybag dibuka hati hati lalu bibit berikut tanahnya ditanam pada bedengan yang sudah dilubangi sebelumnya bedengan jangan sampai kekurangan air ,


PENGELOLAAN MEDIA TANAM
sebelum dibajak digenangi air terlebih dahulu semalam kemudian keesokan harinya dilakukan pembajakan dengan kedalaman sekitar 30cm setelah itu dilakukan pengeringan baru dihaluskan .
panjang bedengan maksiimum 12-15m tinggi bedengan 30-50cm lebar bedengan 100-110 cm dan lebar parit 55-65cm.
penggunaan kapur per 1000mpersegi pada pH tanah 4-5 diperlukan 150 -200kg dolomit untuk antara pH 5-6 dibutuhkan 75-150kg dolomit dan pH >6 dibutuhkan dolomit sebanyak 50 kg .
PEMUPUKAN DASAR
PUPUK KANDANG    DOSIS PUPUK MAKRO    DOSIS POC NASA
   (TON / HA  )                (GRAM  / POHON )     
                                       UREA      SP36        KCL
4-5                                     12            20            8        30-60 TUTUP/1000M2
                                                                                     + AIR SECUKUPNYA
                                                                                     (    DISIRAMKAN    )
 hasil akan lebih baik jika pada pemupukan dasar POC NASA diganti SUPERNASA yang telah dicampur air secara merata diatas  bedengan dengan dosis 1-2 botol /1000m2 dengan cara :
ALTERNATIF 1  : 1 botol SUPERNASA diencerkan dalam 3 liter air jadikan larutan induk kemudian tiap 50 ltr air diberi 200cc larutan induk  tadi untuk menyiram bedengan .
ALTERNATIF 2  :  setiap 1 gembor vol 10 ltr diberi 1 perse sendok makan supernasa  untuk menyiram  -+ 10 meter bedengan .
untuk mencegah serangan penyakit karena jamur terutama penyakit layu sebaiknya tebarkan glio  yang sudah disiapakan sebelum bersemaian  dosis 1-2 kemasan per1000m2
pemasangan mulsa sebaiknya saat matahari terik agar mulsa  dapat memuai sehingga menutup bedengan dengan tepat . biarkan bedengan tertutup mulsa 3-5 hari  sebelum dibuat lubang tanam.
TEKNIK PENANAMAN
diameter lubang -+ 10 cm jarak lubang 60-80 cm model penanaman dapat berupa dua baris berhadap hadapan membentuk sewgiempat atau segitiga.
bibit siap tanam dipindahkan beserta medianya .usahakan akar tanaman tidak sampai rusak saat merobek polybag.
PEMELIHARAAN TANAMAN
penyulaman dilakukan  3-5 hari setelah tanam .setelah selesai penyulaman tanaman baru harus disiram air .sebaikanya penyulaman dilakukan pada sore hari ,penyiangan dilakukan untuk membersihakan gulma,perempelan dilakukan terhadap tunas atau cabang air yang bukan merupakan cabang utama
PEMUPUKAN

WAKTU         DOSIS PUPUK MAKRO (GRAM /POHON)
                        UREA        SP36      KCL
umur 10 hari      12              12          10
umur 20 hari      12              12          10
umur 30 hari      12              8            12
umur 40 hari      12              8            20
poc nasa              POC NASA
perha                   disemprotkan ke tanaman
mulai 1minggu   alternatif 1 : 6-7 kali interval 1 minggu sekali(4 ttp)/tangki
sampai                alternatif 2: 4 kali interval 2 minggu sekali(6 ttp)/tangki
7 minggu
* penggunaan hormonik  1-2 cc/liter atau 1-2 tutup hormonik + 3-5 tutup POC NASA per tangki semprot.penggunaan hormonik  mulai umur 3-11 minggu ,interval hari sekali.

PENYIRAMAN
penyiraman sejak masa pertumbuhan tanaman sampai dipetik buahnya kecuali hujan ,saat meniram jangan sampai air siraman membasahi daun dan air dari tanah jangan terkena daun dan buahnya ,penyiraman  dilakukan pagi pagi sekali.
titik ke 20 sampai ke 25 (bagian ruas ,cabang
PEMASANGAN AJIR
ajir dipasang sesudah bibit mengeluarkan sulur sulurnya .tinggi ajir -+ 150-200 cm,ajir terbuat dari bahan yang kuat sehingga mampu menahan beban buah -+ 2-3 kg .tempat ditanjapkan ajir -+ 25 cm dari pinggir guludan baik kanan maupun kiri .supaya ajir  lebih kokoh bisa menambahkan bambu panjang  yang diletakan  dibagian pucuk segitiga antara bambu atau kayu yang menyilang ,mengikuti barisan ajir ajir dibelakangnya
PEMANGKASAN
pemangkasan dilakukan pada tanman melon bertujuan untuk memeliohara cabng sesuai yang dikehendaki .tinggi tanaman dibuat rata rata antara titik ke 20 sampai ke 25 (bagian ruas ,cabang atau buku dari tanaman tersebut) pemangkasan dilakukan saat udara cerah dan kering supaya bekasa luka tidak diserang jamur .waktu pemangkasan dilakukan setiap 10 hari sekali ,yang paling awal yang dipangkas adalah cabang yang dekat  dengan tanah dan sisakan dua helai daun ,pemangkasan dihentikan,jika ketinggian tanamannya sudah mencapai pada cabang ke 20 atau 25.
HAMA DAN PENYAKIT
A.kutu aphis
    ciri mempunyai getah cairan yang mengandung madu dan dilihat dari kejauhan mengkilap .aphis muda berwarna kuning sedangkan yang dewasa mempunyai sayap dan berwarna agak kehitaman .gejala {: daun tanaman menggulung ,pucuk tanaman menjadi kering  akibat cairan daun dihisap hama .pengendalian : gulma selalu dibersihakn agar tidak menjadi inang hama dan semprot pestona dan bvr
B thrips
   ciri  :  menyerang saaat waktu pembibitan sampai tanaman dewasa .nimfa berwarna kekuningan dan dewasa berwarna coklat kehitaman ,serangan dilakukan pada musim kemarau   Gejala :  daun muda atau tunas baru menjadi kering.dan kerdil dan tidak membentuk buah secara normal. Pengendalian semprot pestona dan juga BVR secara bergiliran.

PENYAKIT
1. layu bakteri
 ciri daun dan cabang layu ,terjadi pengerutan pada daun,daun warnanya kuning dan mengering dan akhirnya mati.pengendalian penggunaan glio sebelium tanam
2.penyakit busuk batang
 gejala pangkal batang seperti tercelup minyak kemudian keluar lendir  berwarna merah kecoklatan  dan kemudian layu dan mati daun yang terserang akan mengering .pengendalian : penggunaan mulsa php untuk mencegah kelembapan disekitar pangkal batang karena penyiangan ,daun yang terserang dibersihkan ,gunakan natural glio sebelum tanam dan pencegahan.catatan jika pengendali hama hayati tidak mengatasi dapat digunakanan  pestisida kimia yang dianjurkan .agar penyemprotan pestisida bisa merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan perekat perata aero 810 dosis _+ 5ml (1/2 tutup / tangki

PANEN
panen melon dilakukan sekitar umur 3 bulan
tangkai dipotong berbentuk T  biar tangkai buah utuh untuk penyimpana buah tidak boleh ditutup ,buah ditata rapi dengan dilapisi  jerami kering,tempatkan penyimpanan bersih  dan kering.


BERMINAT UNTUK PEMESANAN PRODUK PUPUK ORGANIK NASA SEGERA HUBUNGI KAMI AGEN RESMI NASA AMAN DAN TERPECAYA !!!!!

AGEN RESMI PUPUK NASA
AD.1779
TEGUH NASA - JAYANTI NASA
081334046785  -  081231898048

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PUPUK MELON ORGANIK"

Posting Komentar